Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Bukhori Salurkan Bantuan Spesifik Bagi Perempuan, Anak, dan Lansia di Kabupaten Semarang

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Kabupaten Semarang (22/09) — Anggota DPR RI Fraksi PKS, Bukhori Yusuf menyalurkan ratusan paket bantuan untuk anak, perempuan, dan lansia yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Semarang. Program bantuan tersebut berhasil terselenggara atas kerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Bantuan ini kami berikan sebagai bentuk perhatian kami terhadap perempuan yang merupakan salah satu kelompok rentan akibat pandemi ini. Meskipun demikian, kedudukan mereka tidak bisa diremehkan dalam hal kontribusi dalam situasi sulit ini. Perlu diketahui bahwa sekitar 10 sampai 15 kepala sekolah madrasah yang hadir dalam kesempatan ini merupakan perempuan. Hal ini membuktikan bahwa perempuan saat ini tidak lagi dipandang sebagai objek, akan tetapi sebagai subjek utuh dalam membangun keluarga, bangsa, dan negara” ungkap Bukhori dalam sambutannya di hadapan konstituen ketika acara penyerahan bantuan di Kabupaten Semarang, Senin (21/9/2020).

Ia mengimbau agar KP3A bisa menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan sejumlah madrasah, khususnya yang dipimpin oleh perempuan. Selain itu anggota komisi VIII ini juga menekankan agar KP3A mampu melakukan pola pemberdayaan dan advokasi isu perempuan yang berbasis pada kearifan lokal.

“Kita perlu memahami bahwa perempuan memiliki potensi yang luar biasa dalam melakukan banyak hal (multitasking) dimana hal ini tidak bisa dilakukan oleh pria. Walaupun demikian, mereka juga memiliki keterbatasan. Wacana pengarusutamaan kesetaraan gender yang menekankan penyetaraan perempuan dalam seluruh aspek kehidupan tanpa terkecuali dan bersifat afirmatif seolah mengaburkan fakta tersebut. Memang terkesan modern dan progresif, Akan tetapi sesungguhnya terdapat nilai eksploitatif terselubung yang memaksa mereka untuk melampaui kodratnya sebagai perempuan” sambungnya.

Selanjutnya, Bukhori turut mengumumkan bahwa paket bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat terdiri dari sejumlah kebutuhan primer bagi anak, perempuan, dan lansia seperti susu, bahan pangan, popok, minyak telon, vitamin, masker, sarung tangan pembersih, dan sabun antiseptik.

“200 paket bantuan ini berupa bahan pangan dan sandang yang khusus diperuntukan untuk perempuan, lansia, dan anak-anak. Bantuan spesifik ini semata-mata untuk memacu perbaikan kesehatan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, yakni bisa diakses dan dirasakan penuh manfaatnya oleh mereka” bebernya.

Sementara, Bukhori turut mengapresiasi kinerja KP3A yang telah memberikan perhatian serius sebagai representasi kehadiran negara di tengah masyarakat. Selain itu, ia juga berkomitmen untuk mendukung peningkatan anggaran KP3A untuk Tahun Anggaran 2021.

“Selama hal tersebut untuk mendukung pemberdayaan perempuan, dalam arti memuliakan kedudukan mereka sehingga bisa berkontribusi bagi masyarakat sesuai dengan kodratnya, kami akan terus mendukung” pungkasnya.