Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Tumbuhkan Budaya Literasi, Sakinah Aljufri Serahkan Bantuan Buku ke Komunitas Pegiat Literasi

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (13/01) — Membaca merupakan salah satu cara untuk memperkaya ilmu pengetahuan. Namun, dewasa ini pesatnya perkembangan teknologi dan informasi justru dirasa mempengaruhi turunnya minat baca masyarakat.

Walaupun perkembangan teknologi tidak sepenuhnya menjadi penyebab rendahnya minat baca. Diantara penyebab turunnya budaya literasi adalah minimnya akses bahan bacaan dan kurangnya minat baca.

Untuk mengatasi rendahnya tingkat literasi, Sakinah Aljufri membagikan 1.000 eksemplar buku dengan berbagai macam judul untuk dua komunitas pegiat literasi di Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Selasa, (12/01/2021).

Dua komunitas pegiat literasi yang mendapatkan bantuan adalah Komunitas Literasi KAMMI di Kota Palu dan Komunitas Literasi Pinbuk Kabupaten Sigi.

Dalam sambutannya, Anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil Sulawesi Tengah, Sakinah Aljufri, menyinggung pentingya membaca untuk membuka cakrawala keilmuan.

“Membaca adalah jendela dunia, melalui membaca akan membuka cakrawala pemikiran kita secara luas dengan berbagai macam ilmu,” ungkap Sakinah.

Baca juga : Sakinah Aljufri Serap Aspirasi Kepala Sekolah dan Masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una

Anggota DPR RI dari Fraksi PKS ini mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh komunitas pegiat literasi dengan keterbatasan fasilitas yang ada, namun tetap giat melakukan kegiatan guna menumbuhkan minat baca masyarakat.

Tingkat literasi Indonesia masih rendah, Sakinah pun mendorong komunitas pegiat literasi untuk semakin inovatif dalam mengajak masyarakat agar gemar membaca.

“Anak-anak juga perlu sentuhan, adakan lomba menyimpulkan cerita antar anak-anak dari buku yang mereka baca yang diadakan pada hari-hari besar nasional seperti pada peringatan hari kartini, hari pahlawan nasional, hari tujuh belas agustusan, agar menumbuhkan budaya literasi pada anak-anak,” terang Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat ini.

Dalam kesempatan ini, Rina Wulandari, ketua Komunitas Literasi KAMMI memberikan ucapan terima kasih kepada Sakinah Aljufri atas bantuan buku yang dibeirkan kepada komunitasnya.

“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih banyak atas pemberian fasilitas berupa buku bacaan yang diberikan oleh ibu Sakinah Aljufri. Tentunya buku ini akan kami gunakan sebaik-baiknya dan terus menebar kebermanfaatan literasi bagi masyarakat sekitar. Sebelum pandemi covid-19 kami rutin membuka lapak baca di tempat-tempat keramaian di Kota Palu,” ungkap Rina.

Dengan bantuan buku-buku, Rina menambahkan, pihaknya menjadi lebih semangat untuk terus menjalankan tugas-tugas kami dan meneruskan ikhtiar kami membangun literasi Indonesia menjadi lebih baik.

“Jika kamu ingin mengenal dunia maka membacalah dan jika kamu ingin dikenal dunia maka menulislah,” pungkas Rina.