Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Bukhori Beri Bantuan Bedah Rumah untuk Warga Prasejahtera Kabupaten Semarang

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Kabupaten Semarang (04/01) — Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS Bukhori melakukan kegiatan resesnya di dapil Jawa Tengah 1 dengan memboyong bantuan bedah rumah atau program Rumah Sejahtera Terpadu (RST) senilai Rp 1,72 miliar.

Program RST ini ditujukan bagi konstituennya di Kabupaten Semarang dengan latar belakang ekonomi kelompok prasejahtera yang menghuni rumah tidak layak huni.

“Kami mempercayai bahwa rumah layak huni adalah kebutuhan dasar yang mesti dipenuhi oleh negara untuk setiap keluarga Indonesia guna menjamin ketahanan keluarga yang kokoh dari segi sosial, ekonomi, dan kesehatan. Dengan demikian, menghadirkan rumah layak huni, bukan sekadar memperbaiki kondisi fisik rumah yang tidak layak, melainkan juga memberi kesempatan bagi keluarga Indonesia untuk memiliki kualitas hidup yang layak melalui penyediaan daya dukung hidup yang memadai,” jelas Bukhori melalui keterangan persnya usai penyerahan bantuan di Kabupaten Semarang, Selasa (03/01/2023).

Baca juga : Kado Awal Tahun, Bukhori Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Warga Prasejahtera

Anggota DPR Dapil Jawa Tengah 1 ini menjelaskan, program RST merupakan kerja kolaborasi antara Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Sosial. Program ini ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga prasejahtera yang memiliki potensi ekonomi dengan merenovasi rumah mereka yang tidak layak huni sehingga nantinya tersedia ruang untuk mendukung kegiatan usaha.

“Para penerima manfaat nantinya akan membentuk kelompok yang terdiri dari paling banyak 15 kepala keluarga dan paling sedikit tiga kepala keluarga. Mereka nantinya akan bahu-membahu merenovasi rumah mereka dengan bantuan modal yang mereka terima masing-masing KK senilai Rp20 juta. Para KPM yang terpilih adalah mereka yang memiliki potensi usaha untuk dikembangkan sehingga hal itu yang membedakan RST dengan bantuan bedah rumah dari instansi lain,” terangnya.

Wagiyono, salah satu KPM dari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang mengungkapkan, dirinya bersyukur dengan adanya bantuan ini. Wagiyono yang berprofesi sebagai pedagang buah keliling mengatakan akan membuka kios buah di rumahnya apabila rumahnya selesai direnovasi.

Baca juga : Silaturrahmi dengan Relawan, Johan Rosihan Minta Solid Sosialisasikan Anti ‘Money Politic’

“Kami merasa terbantu dengan adanya program ini. Terima kasih kepada Pak Kiai Bukhori yang telah membantu mengembangkan usaha kami melalui program RST. Semoga Pak Kiai dapat melanjutkan kontribusinya di DPR sehingga bisa menolong lebih banyak orang,” tandasnya.