Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Masa Reses, Ledia Hanifa Salurkan Timbangan Dacin Inovatif di Beberapa Posyandu

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Kota Bandung (17/10) — Dalam rangka mengawali masa reses di daerah pemilihan, Ledia Hanifa, Anggota DPR RI Fraksi PKS melakukan kunjungan ke beberapa posyandu di Kota Bandung.

Dalam kunjungan ini selain berdiskusi mengenai persoalan ketahanan keluarga termasuk di dalamnya soal pendidikan, kesehatan keluarga serta tumbuh kembang anak sebagai bagian dari proses dasar pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang unggul di masa depan, Ledia juga menyerahkan bantuan dacin inovatif di dua posyandu; yaitu Posyandu Kenanga, Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong serta Posyandu di Kelurahan Cigondewah Rahayu, Kecamatan Bandung Kulon.

Dacin inovatif sendiri merupakan program rutin yang sudah dijalankan Sekretaris Fraksi PKS DPR RI ini sejak tahun 2015, diadaptasi dari program yang pernah diusung pemerintah Jawa Barat saat di bawah Gubernur Ahmad Heryawan.

Hingga saat ini, tak kurang dari 625 dacin inovatif telah dibagikan Ledia ke berbagai posyandu di Kota Bandung dan Cimahi. Program dacin inovatif tersebut ia lakukan merespon adanya keresahan masyarakat, terutama ibu-ibu yang kesulitan membujuk anak untuk mau ditimbang di posyandu serta mendengar kabar adanya beberapa musibah yang menimpa anak saat ditimbang menggunakan timbangan beban yang ber-sanggakan ke kain.

“Dacin ini memiliki bentuk unik seperti mobil-mobilan yang bisa diayun ke depan dan belakang. Sehingga, anak-anak tertarik dan mau ditimbang. Kalau dulu anak kan takut atau tidak mau ditimbang, belum lagi bahayanya kalau ditimbang dengan timbangan beban, bisa tergelincir atau tertimpa alat. Masalahnya mungkin satu, kalau dulu anak sulit diminta naik timbangan, sekarang agak sulit diminta turun,” gurau Ledia

Dengan kehadiran dacin inovasi ini, Ledia berharap anak akan lebih nyaman saat dilakukan pemeriksaan di posyandu, sementara dari segi keamanan pun lebih terjamin. Dari situ tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke posyandu pun diharapkan semakin meningkat.

Harapan Ledia, ke depannya bantuan dacin inovatif ini dapat disebarluaskan lebih merata di seluruh posyandu di wilayah Kota Bandung dan Cimahi.

“Saya berharap bantuan dacin inovatif ini bisa mendorong terwujudnya mewujudkan ketahanan keluarga yang lebih baik untuk mendorong pula terwujudnya SDM unggul bangsa Indonesia masa depan,” tutup Ledia.