Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Soal Ketimpangan Vaksin di Daerah, Alifudin PKS: Harus Jadi Perhatian Bersama

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (13/01) — Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Alifudin menilai masih adanya daerah yang rendah cakupan vaksinasinya perlu menjadi perhatian seluruh pihak.

Pasalnya, dia mengkhawatirkan problem tersebut akan menimbulkan potensi penyebaran varian baru Covid-19 seperti halnya di Afrika.

“Soal pemerataan vaksinasi di setiap daerah harus jadi perhatian bersama, karena nantinya akan menjadi pekerjaan rumah baru,” kata Alifudin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Dari segi pemerintah, politikus PKS itu menagih keseriusan dalam hal penyediaan fasilitas pengiriman dan stok vaksin yang cukup untuk semua daerah.

Hal itu, kata dia, harus tersedia terutama untuk vaksin primer, sebelum nantinya dilanjutkan ke vaksin booster.

Sementara itu, Alifudin menilai ketimpangan vaksin juga dikarenakan masih kurang sadarnya masyarakat tergerak mengikuti vaksinasi.

Hal itu dinilai sebagai kendala umum yang terjadi di daerah.

“Maka ke depannya harus lebih digencarkan lagi sosialisasi akan pentingnya vaksin,” ucap dia.

Alifudin mengingatkan bahwa dengan dimulainya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dan di beberapa daerah PTM 100 persen, maka diperlukan sebaran vaksinasi secara merata.

Kemudian, adanya transmisi lokal varian Omicron di Indonesia juga harus dilihat sebagai pertimbangan agar terwujud pemerataan vaksinasi.

“Terutama untuk peserta didik dan orang yang memiliki resiko tinggi,” tambahnya.

Alifudin mengemukakan agar pendataan dan pemerataan distribusi vaksin berjalan lancar, pemerintah dapat menggandeng instansi terkait untuk berkolaborasi dalam vaksinasi.

Hal ini semata-mata agar target vaksin di masing-masing daerah dapat terpenuhi.

Selain itu, Alifudin meminta pemerintah mengutamakan daerah yang vaksinasinya masih rendah.