Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Politisi PKS: Revisi UU Pemilu Penting Untuk Menghindari Ratusan PLT Jangka Panjang

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Jakarta (01/02) — Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS, Mardani Ali Sera menyoroti kembali tentang pentingnya revisi UU Pemilu yang dianggap perlu untuk memperbaiki kualitas pemilu dan mencegah oligarki terstruktur.

“Revisi UU Pemilu penting utk memperbaiki kualitas pemilu sekaligus menghindari munculnya ratusan PLT dlm waktu yg sangat panjang. Ini perlu dilakukan utk mencegah lahirnya tirani dan oligarki yang terstruktur.” Tegas Mardani.

Mardani menuturkan bahwa kehadiran PLT sebagai pemimpin bukan langkah yang efektif karena bukan merupakan kepala daerah yang definitif.

“Di masa pandemi, dgn refocusing anggaran, pengambilan keputusan yg sangat fundamental, diperlukan kepala daerah definitif yg memiliki mandatory politik yg kuat.” Tutur Mardani

Baca juga: Ketua FPKS: Revisi UU Pemilu Penting Untuk Perbaikan Kualitas Demokrasi

Selain itu, Mardani juga menyinggung ada beberapa partai yang menolak revisi pada saat di Baleg, di rapat Komisi II mereka memerlukan revisi.

“Pembahasan RUU Pemilu dari Komisi II sebenarnya sudah selesai & sekarang ada di Baleg. Namun anehnya, ada mulai beberapa partai menolak revisi, padahal ketika di Komisi II mereka perlu revisi, Naif jika mempermasalahkannya di Baleg. Kenapa set back? sangat tidak progresif dan menjadi wasting time.” Tutur Mardani.

Aleg PKS ini menegaskan bahwa jika ingin memiliki UU yang baik, jangan sampai UU tersebut mengatur terlalu detail.

“UU Pemilu jgn sampai mengatur terlalu detail seperti waktu TPS dibuka, isi kotak apa saja dll. Berikan distribusi pengaturan tsb pada peraturan KPU. Sehingga UU hanya bicara mengenai grand design yg besar.” Tegas Mardani.