Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Basarnas Diminta Prioritaskan Evakuasi Korban Reruntuhan Gempa Sulbar

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Jakarta (15/01) — Anggota Komisi V dari Fraksi PKS Sigit Sosiantomo meminta Basarnas yang merupakan mitra komisinya untuk memprioritaskan pencarian dan evakuasi korban bencana gempa Majene, Sulawesi Barat yang terjadi Jumat dini hari, (15/1/2021). Terutama, mereka yang terjebak pada reruntuhan bangunan.

“Saya minta Basarnas prioritaskan pencarian dan penyelamatan korban yang masih terperangkap. Semoga masih banyak yang bisa tertolong,” kata Sigit dalam keterangannya kepada Tribunnews.com, Jumat, (15/1/2021).

Menurut Sigit Basarnas bersama Kementerian PUPR harus bertindak cepat untuk meminimalisir banyaknya korban jiwa.

Sigit meminta Kementerian PUPR menerjunkan alat berat sebanyak mungkin agar proses evakuasi bisa cepat dilakukan.
Ia juga berharap Kementerian PUPR segera memperbaiki infrastruktur yang rusak khususnya jalan agar memudahkan distribusi penyaluran bantuan.

“Jangan sampai ada jalan yang terputus apalagi daerah yang terisolir akibat gempa sehingga mempersulit pendistribusian bantuan. Saat ini ada belasan ribu warga yang mengungsi dan butuh bantuan,” katanya.

Selain itu Sigit meminta kepada BMKG untuk terus melakukan update informasi. Terutama mengenai potensi adanya gempa susulan seperti yang telah diperingatkan.

“BMKG sudah mengeluarkan peringatan akan adanya gempa susulan yang lebih besar dari gempa 6,2 SR hari ini. Saya berharap, semua instansi mulai dari pemda, BMKG, Basarnas dan elemen masyarakat untuk bersinergi dan bersiap menghadapi kemungkinan terburuk guna menghindari korban jiwa yang lebih besar,” katanya.

Sigit menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam kepada para korban dan keluarga korban gempa yang meninggal.

“Kita sangat prihatin dengan musibah ini dan saya mengucapkan duka cita yang mendalam. Semoga keluarga diberi kekuatan menghadapinya.” katanya.