Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Budi Gunadi Jadi Menkes, PKS: Kita Butuh yang Paham Kesehatan Bukan Ekonomi

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Jakarta (23/12) — Budi Gunadi Sadikin ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) RI menggantikan Terawan Agus Putranto.

PKS menyebut Budi Gunadi Sadikin merupakan Menkes RI pertama yang tidak berasal dari bidang kesehatan.

“Penunjukan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes menggantikan Terawan cukup mengundang perhatian. Ini baru pertama kali Kementerian Kesehatan dipimpin oleh orang yang bukan berlatar belakang kesehatan atau dokter. Budi Gunadi Sadikin lebih dikenal sebagai pengusaha,” ujar Ketua DPP PKS Netty Prasetiyani kepada wartawan, Rabu (23/12).

Anggota Komisi IX DPR RI itu mengatakan saat ini Indonesia masih dalam upaya melawan pandemi COVID-19.

Menurutnya, dibutuhkan sosok Menkes yang bisa memahami pandemi Corona dari sudut pandang kesehatan, bukan hanya dari sudut pandang ekonomi semata.

“Kita butuh sosok menteri kesehatan yang memahami pandemi COVID-19 sebagai persoalan berbasis kesehatan, bukan dipandang dari kacamata ekonomi dan moneter. Selesaikan dulu basis persoalan kesehatannya, baru pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

Netty enggan memberikan penilaian awal terhadap kinerja Budi G Sadikin sebagai Menkes. Ia hanya menegaskan Kemenkes adalah leading sector penanganan pandemi Corona.

“Saya tidak berani memprediksi apakah pergantian ini akan membuat Kemenkes memiliki kewenangan penuh menjadi leading sector penanganan pandemi COVID-19, membawa Indonesia lepas dari pandemi, atau malah membuat sistem kesehatan kita makin parah karena ditangani oleh bukan ahlinya,” ungkapnya.

Kendati demikian, Netty mengatakan pergantian Menkes adalah hak prerogatif Presiden Jokowi. Ia berharap Budi dapat memastikan masyarakat mendapatkan hak kesehatan.

“Pergantian Menkes telah diputuskan oleh presiden. Saatnya kita melihat, perbaikan apa yang akan terjadi dalam sistem kesehatan kita. Selamat bekerja, Pak Budi. Pastikan rakyat Indonesia mendapatkan hak kesehatannya dengan baik,” ujarnya.