Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Aleg PKS Ikuti Kunker Persiapan Arus Mudik Lebaran di Provinsi Lampung

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Lampung (29/04) — Melakukan Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke Provinsi Lampung (27/03), Toriq Hidayat menyebutkan jelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini diperkirakan akan menjadi tantangan ekstra bagi pihak terkait dengan adanya perkiraan lonjakan signifikan jumlah pemudik.

“Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat bahwa jumlah pemudik tahun ini diprediksi mencapai 193,6 juta orang, meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 123,8 juta orang,” jelas Toriq.

Menurut Politisi PKS asal Tasikmalaya, fokus persiapan kali ini terutama tertuju pada pengawasan dan pembenahan infrastruktur transportasi dalam rangka menghadapi arus mudik 2024, terutama di wilayah Provinsi Lampung dan sekitarnya.

“Sebagai langkah awal, upaya pengawasan terhadap kendaraan-kendaraan yang akan beroperasi selama periode mudik menjadi prioritas utama. Kami meminta Kemenhub melakukan ram check secara menyeluruh terhadap kendaraan reguler maupun bus pariwisata,” kata Toriq.

Ia menambahkan langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua kendaraan yang beroperasi dalam arus mudik siap dan memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan. Selain itu, intensifikasi koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait dalam memastikan kelancaran arus mudik.

“Keterlibatan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, kepolisian, dan instansi terkait lainnya, diharapkan dapat memberikan sinergi yang optimal dalam menghadapi tantangan besar ini,” pungkas Toriq.

Dalam hal infrastruktur, preservasi jalan menjadi salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan. Anggota Komisi V meminta Kemenhub melakukan perawatan dan pemeliharaan jalan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang dapat mengganggu kelancaran arus mudik.

“Karenanya Kemenhub selaku penanggung jawab harus memastikan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik antara pihak-pihak terkait. Sebagaimana taglinenya, semoga arus mudik tahun ini menjadi momen yang ceria dan penuh makna bagi semua pemudik,” Tutup Toriq.