Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Soal Pengembangan UMKM di Kabupaten Raja Ampat, Aleg PKS: Perlu Ada yang Dibenahi!

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (30/11) — Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, Amin AK, menerima silaturahim dan aspirasi dari Anggota DPRD F-PKS Kabupaten Raja Ampat terkait pengembangan UMKM di Raja Ampat.

Dalam pertemuan yang dilangsungkan secara virtual pada Selasa pagi (29/11) tersebut, Amin AK menekankan perlunya perbaikan dalam program pemberdayaan UMKM di daerah.

“Pesona wisata Raja Ampat sudah dikenal luas, tidak saja di dalam negeri, namun sudah tersohor hingga ke mancanegara. Hal ini seharusnya menjadi peluang bagi masyarakat lokal Raja Ampat dalam mengembangkan bisnis berbasis wisata alam dan kebudayaan. Namun, fakta di lapangan seperti masih banyak kekurangan, khususnya dukungan dari pemerintah”, ungkap Amin AK.

Menurut Anggota DPR dari Dapil Jember dan Lumajang ini, pengembangan UMKM tak bisa dilakukan secara maksimal jika masyarakat belum teredukasi dengan baik. Oleh sebab itu, perlu adanya bimbingan dan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya penguatan bisnis berbasis digital dan teknologi.

“Penguasaan teknologi ini penting di era sekarang. Para pelaku UMKM perlu diberikan pelatihan yang intensif soal ini agar bisnis mereka bisa maju dan berkembang”, ujarnya lagi.

Terakhir, Amin AK menyebut perlunya sinergi dan koordinasi antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, BUMN, serta pelaku UMKM lokal guna mendorong kemajuan ekonomi di Raja Ampat.

“Harus ada sinergi, ini yang masih relatif kurang. Oleh sebab itu, dukungan terhadap UMKM perlu diperbaiki dengan berbasis pada kebijakan dan anggaran yang lebih memadai”, pungkasnya.