Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

FGD Harganas FPKS, Kementerian PPA: Keluarga Memiliki Peran Utama dalam Perlindungan Anak

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Jakarta (14/07) — Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Indra Gunawan menghadiri dan menjadi salah satu narasumber dalam acara webinar ‘Memaknai Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional 2021’ yang diselenggarakan oleh FPKS DPR RI. Indra mengatakan bahwa keluarga memiliki peran yang utama dalam pembentukan dan perlindungan anak.

“Hak anak merupakan bagian darai hak asasi manusia yang wajib dilindungi dan dipenuhi, termasuk hak untuk diasuh dengan layak dan optimal, di mana keluarga merupakan tempat utama dan pertama bagi anak” Ucapnya.

Dalam pasal 26 UU Perlindungan Anak, keluarga juga merupakan agen dan struktur inti. Keluarga diharapkan memiliki kemampuan dalam pengasuhan, mmeberikan ruang gerak, serta rutinitas yang fleksibel. Hal ini sejalan dengan tema Hari Anak Nasional 2021, yaitu “Pengasuhan Berbasis Hak Anak, Keluarga Optimal, Anak Peduli di Masa Pandemi.”

Baca juga: FGD Harganas 2021, Doktor Salim: Keluarga adalah Pilar Utama Ketahanan Bangsa

“Hal lain yang dapat dilakukan oleh keluarga adalah melibatkan anak untuk membangun nutrisi jiwa. Bisa dengan meluangkan waktu bersama anak, menggunakan kalimat yang positif, serta mendorong perlindungan anak agar tetap tenang dan tidak stres” Ujar Indra.

Selain itu, Indra juga mendorong Pemerintah Daerah untuk memberikan upaya pembangunan keluarga. Mengingat masih minimnya perda mengenai pembangunan keluarga dan adanya regulasi dalam UU Nomor 23 tahun 2014 yang mengatakan bahwa perlindungan anak merupakan urusan wajib oleh Pemerintah Daerah.

“Orang tua harus siap menjadi role model bagi anaknya, serta menumbuhkan kepedulian pada sesama, sehingga pandemi tidak menyurutkan semangat anak untuk mempunyai empati. Kita berharap Pemerintah Daerah juga punya kepedulian tentang isu pembangunan keluarga. Agar anak terlindungi, Indonesia maju.” Tutup Indra.