Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Masa Reses di Ramadhan, Bukhori Adakan Kajian Tafsir Quran Kontemporer

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Jakarta (20/04) — Anggota Komisi Agama DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf, atau biasa disapa Ustaz Bukhori Yusuf (UBY), memiliki program khusus dalam menyambut bulan Ramadhan.

Alumni Universitas Madina Arab Saudi ini menyelenggarakan program kajian tafsir Alquran Kontemporer Juz 30 yang diselenggarakan secara daring dan luring selepas ibadah salat subuh.

“Bulan Ramadhan ini adalah momentum tepat untuk melipatgandakan amal kebaikan. Termasuk berbagi pengetahuan agama dalam rangka memberikan pemahaman kepada publik, khususnya umat Islam, tentang bagaimana seharusnya kita berperilaku sesuai dengan tuntunan Alquran,” ungkap Bukhori.

Bukhori mengatakan, program kajian subuh ini secara khusus dilaksanakan secara daring. Ia menilai, salah satu keunggulan dari pelaksanaan secara daring adalah kemampuan untuk menjangkau audiens lebih luas dan lebih bersifat fleksibel. Kendati begitu, ia juga tidak menutup pilihan untuk dilakukan secara daring dan luring sekaligus.

“Kami memanfaatkan media Zoom dan Youtube untuk melakukan siaran langsung (livestreaming). Akan tetapi, dalam beberapa kesempatan kami lakukan secara bersamaan. Misalnya, selepas kami memimpin salat subuh di masjid-masjid warga selama kegiatan reses berlangsung,” imbuhnya.

Sejauh ini sudah ada tiga surat yang dikaji, yakni At-Takatsur, Al-Asr, dan Al-Humazah. Terkait alasan mengangkat tema tafsir Juz 30, Anggota Baleg ini menjelaskan, surat-surat pada Juz 30 adalah surat yang umumnya sering dibaca umat muslim ketika ibadah salat. Meskipun demikian, masih banyak umat muslim yang belum memahami kandungan dari surat yang dibaca.

Harapannya, dengan mampu memahami dan meresapi makna bacaan itu, mereka bisa memelihara khusyuk dalam setiap salatnya. Selain itu, pemahaman mereka terhadap Alquran bisa memberikan dampak bagi terbentuknya kepribadian muslim yang saleh secara individu dan sosial.

“Dengan mampu memahami bacaan Alquran dalam setiap salat kita, secara psikis akan membawa suasana batin kita pada dimensi percakapan kita dengan Allah. Sehingga, rasa khusyuk bisa tercipta. Dampaknya, salat kita akan memperkuat ketakwaan kita dan menjadi benteng yang kokoh untuk mencegah diri dari perbuatan keji dan munkar,” jelasnya.

Acara kajian tafsir Alquran Juz 30 bisa disaksikan di kanal Youtube Bukhori Yusuf dengan nama akun “Bukhori Uby”. Rekaman siaran juga bisa tetap disaksikan di kanal yang sama.