Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Dukung Tradisi Ziarah, Amin Ak Sumbang Dana untuk Pengadaan Bus

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Lumajang (29/12) — Anggota DPR RI dari Fraksi PKS asal Dapil Jatim IV, Amin Ak menyumbang dana Rp100 juta untuk pengadaan bus pariwisata untuk melayani masyarakat Lumajang.

Hal itu merupakan bentuk dukungan Amin pada tradisi ziarah ke makam para wali dan ulama serta silaturahim ke kediaman kyai dan ulama.

“Operasional sehari-hari bus ini akan dikelola oleh DPD PKS Kabupaten Lumajang. Kami mendukung tradisi dan kebiasaan baik masyarakat, khususnya dalam menapaktilasi perjuangan para wali dan ulama di tanah air,” beber Amin.

Baca juga : Nevi Zuairina Serahkan Ambulance di Empat Kabupaten Kota Wilayah Sumbar

Lebih lanjut Amin mengatakan, masyarakat Lumajang dan Jember juga memiliki kebiasaan positif lainnya antara lain menghadiri acara haul para habaib, ulama dan kyai, peringatan hari-hari besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW dan mengunjungi tempat wisata religi.

Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan oleh komunitas masyarakat dalam jumlah anggota banyak, misalnya jamaah sholawatan, jamaah yasinan, pengurus dan anggota ormas, karang taruna dan kelompok masyarakat lainnya.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban jamaah karena selama ini mereka menyewa kendaraan beberapa minibus kecil atau bus besar untuk kegiatan tersebut,” kata Amin.

Baca juga : Masa Reses, Rofik Serahkan Ambulance dan Bantuan Usaha bagi Masyarakat Terdampak Pandemi

Menurut Anggota Komisi VI DPR RI itu, tradisi ziarah sangat bagus terutama untuk napak tilas berkeliling tempat-tempat yang menyimpan sejarah perjuangan para wali dan ulama. Juga sebagai wujud terima kasih atas perjuangan mereka yang menyebarkan Islam, khususnya tanah di Jawa.

Sejumlah lokasi yang biasa dikunjungi antara lain makam Sunan Ampel, makam Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Selajutnya bergerak ke utara ke Sunan Drajat di Lamongan dan Sunan Bonang di Tuban.

Baca juga : Ketua Fraksi PKS Terus Bergerak Antarkan Beras Bantuan untuk Masyarakat

Dari wilayah Jawa Timur akan diteruskan ke Sunan Muria, Sunan Kalijaga dan Sunan Kudus, ketiganya di Jawa Tengah. Terakhir ke Sunan Gunung Jati di Cirebon, Jawa Barat. Beberapa rombongan jamaah juga berziarah ke makam Syekh Jumadil Qubro di Mojokerto, KH Abdul Hamid di Pasuruan, Syekh Kholil di Bangkalan.