Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Rofik Hananto Dorong Optimalisasi Media Digital untuk Promosi Wisata Purbalingga

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Purbalingga (31/05) — Anggota DPR RI Komisi VII dari Fraksi PKS, Rofik Hananto, menekankan pentingnya penguatan strategi promosi destinasi wisata lokal melalui kanal digital.

Kegiatan pelatihan bertema Diseminasi Strategi dan Komunikasi Pemasaran Melalui Media Digital ini juga dihadiri oleh Analis Kebijakan Ahli Madya Kementrian Pariwisata RI, Taufik Nurhidayat, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata Kabupaten Purbalingga, R. Budi Setiawan, dan Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga, Niken Hindrianingsih yang dilaksanakan di D’Pari Resto, Babakan, Purbalingga.

Rofik menyampaikan harapan agar seluruh stakeholder, terutama pelaku pariwisata di Kabupaten Purbalingga, dapat berperan aktif dalam mengenalkan potensi besar yang dimiliki daerah ini.

“Purbalingga adalah kawasan yang dianugerahi potensi alam luar biasa. Kita punya tempat-tempat indah seperti Serang, Karangreja, Goa Lawa, dan lain sebagainya. Semua itu punya daya tarik yang tidak kalah dari destinasi besar seperti di Lembang, Bandung.” ujar Rofik.

Rofik menyoroti pentingnya narasi visual dan digital dalam membangun citra destinasi wisata di era sekarang. Menurutnya, udara bersih, air jernih, makanan sehat, ketenangan lingkungan, serta panorama indah adalah nilai jual yang sangat mahal dan menjadi kebutuhan utama para wisatawan masa kini.

Rofik juga memberikan apresiasi kepada komunitas lokal seperti Sisik Naga, yang telah menggali berbagai potensi wisata tersembunyi di Purbalingga.

“Komunitas seperti Sisik Naga ini patut kita dukung. Bahkan saya yakin, destinasi yang mereka angkat bisa menjadi lokasi penyelenggaraan event-event internasional seperti Jungle Run. Kita bahkan punya kawasan yang keindahannya bisa disandingkan dengan Grand Canyon di California atau Curug Sumba yang masih alami dan belum banyak dieksplorasi.” Ujar Rofik.

Rofik juga mengajak semua peserta pelatihan untuk menjadi influencer digital bagi kemajuan pariwisata lokal.

Ia mendorong generasi muda dan komunitas kreatif untuk terus mengasah kemampuan soft-selling, produksi konten digital, serta pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif.

Dengan optimalisasi media digital dan kekuatan komunitas lokal, Rofik yakin Purbalingga bisa menjadi salah satu destinasi unggulan yang tidak hanya dikenal di tingkat nasional, tetapi juga internasional.

“Saya berharap ke depan kita bisa menarik perhatian tokoh-tokoh penting nasional, termasuk Ibu Widianti Putri Wardana selaku Menteri Pariwisata, agar melihat langsung potensi wisata Purbalingga dan kawasan dataran tinggi Purbalingga yang begitu memesona dengan latar Gunung Slamet,” Ujar Rofik.