Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

MEMILIH PKS, HORMATI ULAMA

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

🔶Peringati Hari Santri, PKS Konsisten Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

PKS senantiasa aktif dalam memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh setiap tahun 22 Oktober melalui penyelenggaraan Lomba Baca Kitab Kuning berskala nasional. Melalui lomba ini, PKS berkomitmen untuk memperkenalkan dan melestarikan khazanah keilmuan Islam yang terdapat pada literatur-literatur klasik yang dikarang oleh para ulama terdahulu dan dipelajari secara turun-temurun oleh para santri. Sejak 2016, tercatat PKS sudah 7 kali menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning dan diikuti oleh ribuan santri di seluruh Indonesia.

🔶PKS Usulkan RUU tentang Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama

PKS mendorong segera dilakukannya pembahasan dan pengesahan RUU Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama sebagai bentuk komitmen negara untuk menghormati, menghargai, dan melindungi segala aktivitas, praktik, dan kebebasan menjalankan prinsip-prinsip agama di Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Termasuk, melindungi aktivitas dakwah dan pengajaran agama yang dilakukan oleh tokoh agama, tanpa adanya diskriminasi, kriminalisasi, dan persekusi.

🔶PKS Turut Andil dalam Pengesahan UU Pesantren

Penghargaan dan penghormatan terhadap pesantren, kiai, dan santri atas peran besarnya dalam membangun bangsa dan negara senantiasa menjadi sikap resmi PKS. Sebagai bentuk komitmen nyata di parlemen, PKS berkontribusi aktif dalam pengesahan UU Pesantren pada tahun 2019 lalu, yang memberikan pengakuan, kedaulatan, dan dukungan kepada pesantren di seluruh Indonesia.

PKS pun terus konsisten menyuarakan agar setiap Pemda segera membuat Perda tentang Pesantren, sekaligus memberikan porsi anggaran (baik APBN maupun APBD) yang lebih layak dan berkeadilan kepada pesantren.