Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Iskan Jumpai dan Lepas 359 Jamaah Haji Kloter Satu Dari Medan

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Medan (26/05) — Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis menjumpai para jamaah haji kloter pertama tahun 1444 H/2023 M yang berasal dari Mandailing Natal dan akan berangkat menuju Tanah Suci dari Medan.

Dalam kesempatan ini Iskan bersama anggota komisi VIII DPR yang lain melepas 359 jamaah haji yang terdiri dari 132 pria dan 227 wanita.

Jamaah haji ini akan diberangkat jam 07.00 pagi dari Kualanamu yang diperkirakan akan sampai di Madinah sekitar jam 15.00 dihari yang sama.

“Saya berdoa mudah-mudahan haji tahun ini lancar selalu dan para jamaah mendapatkan predikat haji mabrur, dan mabrur oh dan sehat selalu. Serta saya berpesan kepada para petugas-petugas di Saudi agar memperhatikan jamaah-jamaah lansia yg jumlahnya sekitar 30 persen.” Ucap Iskan saat memberikan arahan kepada para jamaah.

Karena jamaah haji tahun ini 30 persen merupakan kalangan lansia, maka dari itu tema haji tahun ini adalah haji ramah lansia. Menurut Iskan perlu sekali perhatian yang besar untuk para petugas untuk mendampingi dan membimbing para lansia agar selalu terjaga dalam setiap rangkaian ibadah haji.

Iskan juga mengapresiasi Langkah Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) dalam mengatasi atau membantu jamaah haji khususnya lansia. Dalam keputusan Dirjen PHU No 185 tahun 2023 yang mengatur tentang pelayanan ‘One Stop Service’ bagi para jamaah merupakan suatu terobosan yang membuat para jamaah tidak lagi ‘ribet’ dalam mengurus proses pemeriksaan imigrasi karena petugas pemeriksa akan mendatangi langsung ke asrama haji.

“Haji ramah lansia ini menjadi berkah juga buat kita, karena kita membantu para orang – orang tua yang sudah lanjut usia dalam menjalankan Ibadah Haji. Semoga para petugas-petugas kita dikuatkan dan limpahkan berkah dalam menjalankan tugasnya. Aamiin.” Kata Iskan.

Iskan juga mengapresiasi Menag karena dapat menangkap peluang penambahan kuota Haji dengan pihak Saudi sehingga kuota haji tahun ini naik sebanyak 8000 jamaah haji.

“Dengan ini para jamaah yang sudah menunggu lama bisa mengisi kuota yang baru ditambahkan ini,” tutup Iskan.