Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Saadiah Uluputty Terinspirasi Kawasan ‘Ketapang Urban Aquaculture’ Guna Adaptasi di Maluku

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Kabupaten Tangerang (01/12) — Anggota Komisi IV DPR RI Sa’adiah Uluputty mengaku terinsipirasi dengan adanya tempat konservasi dan eduwisata kawasan Taman Mangrove ‘Ketapang Urban Aquaculture’ yang berupaya untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta ekosistem laut (blue economy) melalui tanaman mangrove. Menurutnya, budi daya tanaman mangrove di daerah pesisir itu dapat diadaptasikan di Daerah Pemilihannya, Maluku.

“Saya terinspirasi sekali ya untuk nanti diadaptasikan ke khususnya daerah-daerah pesisir yang ada di Maluku. Karena sebenarnya kalau ini kan rehabilitasi ya menanam ulang kembali mangrove, sementara kalau di Maluku itu emang sudah menjadi tanaman asli di sana, habitatnya di daerah-daerah pesisir. Nah dalam hal perawatannya, pengembangannya dan juga bagaimana mengintegrasikan mangrove dengan yang lainnya menjadi satu kesatuan terpadu ekosistem. Ini yang belum ada konsep yang lebih terpadu,” tutur Sa’adiah pada Parlementaria saat Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi IV DPR RI di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten pada Senin (28/11/2022).

Baca juga: Uluputty Bagikan Sembako untuk 1000 Nelayan di Aru

Saadiah menilai kebermanfaat taman mangrove dapat dirasakan masyarakat terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di pesisir pantai. Hal itu akan terjadi apabila masyarakat dapat berpartisipasi penuh untuk menjaga lingkungan pesisir dalam fungsi-fungsi yang ada pada tanaman mangrove. Baik fungsi untuk menjaga habitat untuk komoditas laut yang memiliki nilai ekonomi seperti ikan, udang, dan kepiting dan juga dalam hal menjaga oksigen.

“Setelah berkunjung ke desa Katapang itu ternyata ada manfaat yang lebih luas. Jadi ada fungsi mangrove untuk keekonomian. Ini sebenarnya juga harus dirasakan atau didengar. Jadi, harus ada sosialisasi yang lebih luas kepada masyarakat. Bagaimana sih manfaat mangrove, ada manfaat lain yang bisa dirasakan yang sebenarnya bisa dimanfaatkan. Seperti untuk membatik, kemudian buahnya juga bisa jadi jus, kemudian daunnya bisa juga untuk manfaat-manfaat kesehatan lainnya,” tutur politisi F-PKS itu.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Perikanan, Uluputty Bersama Kementerian Perikanan Adakan Bimtek

Ia berharap nantinya wilayah pesisir yang ada di Indonesia juga dapat berkembang seperti Kawasan Ketapang Urban Aquaculture. Di mana selain memberikan kebermanfaatan sebagai tempat konservasi tapi bagaimana juga dapat memberikan dampak sosial ekonomi pada masyarakat.

“Ini yang sayang sekali belum dirasakan oleh masyarakat dan saya khususnya sebagai salah satu anggota DPR RI Komisi IV dari Dapil Maluku menjadi PR gitu ya untuk nanti disampaikan juga kepada kementerian terkait, KLHK ataupun KKP gitu agar upaya-upaya untuk bisa menjaga dan mengembangkan mangrove di daerah pesisir untuk bagaimana menjaga bumi itu sendiri,” tutupnya.

Selain Riezky Aprilia, Anggota Komisi VI DPR RI lainnya yang mengikuti Kunspik ini adalah Saadiah Uluputty, Teti Rohatiningsih, Endro Hermono dan Abdullah Tuasikal. Adapun pejabat setempat yang menghadiri di antaranya Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar dan jajaran. Adapun dari KLHK, yakni Dirjen Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi Hutan Dyah Murtiningsih, Direktur Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut Dasrul Chaniago. Kemudian dari KKP ada Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaf Manoppo.