Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Kunjungi Sijunjung, Hermanto Serahkan Bibit Buah-Buahan

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Kabupaten Sijunjung (27/10) — Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan singgah di Kabupaten Sijunjung.

Di kabupaten yang berjuluk Ranah Lansek Manih ini Hermanto menyerahkan bibit buah-buahan produktif bantuan pemerintah.

“Bibit-bibit ini bersertifikat. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama berbuah,” ujar Hermanto dalam sambutannya pada kegiatan penyerahan bibit secara simbolis di Jorong Koto Pulasan, Nagari Pulasan, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung belum lama ini.

Kalau sudah berbuah, lanjutnya, bisa dijual sebagai salahsatu penghasilan keluarga. “Bisa juga dikonsumsi sendiri dan dibagi ke tetangga agar kondisi masyarakat sehat dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan,” tutur legislator dari FPKS DPR RI ini.

Selain untuk penghasilan keluarga dan kesehatan masyarakat, kata Hermanto, bantuan bibit ini dalam jangka panjang dimaksudkan untuk rehabilitasi lahan.

“Bibit-bibit tersebut kalau ditanam dan dirawat dengan baik akan tumbuh menjadi pohon-pohon dengan cabang dan ranting yang banyak. Dengan demikian tentu akarnya dalam dan daunnya juga lebat,” paparnya.

Daun yang lebat itu, jelasnya, bisa menahan air hujan sehingga tidak langsung menerpa tanah.

“Hal ini bisa mencegah pengikisan dan pergerakan tanah juga longsor,” ucap Hermanto.

“Jadi bermula dari bibit produktif buah-buahan selanjutnya bisa berdampak pada ekonomi dan kesehatan masyarakat serta kelestarian lingkungan,” pungkas legislator dari Komisi IV DPR RI ini.

Jenis bibit buah-buahan yang diserahkan untuk masyarakat Sijunjung adalah alpukat, durian, lengkeng, mangga, manggis, jambu, jeruk, pinang, rambutan dan sirsak. Dalam penyerahan bibit tersebut Hermanto didampingi oleh tokoh setempat Hendri Susanto dan Kepridaus.