Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Aleg PKS: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bermasalah Sejak Awal

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (05/08) — Fraksi PKS DPR RI menggelar acara Public Expose bertajuk Konferensi Pers guna mengusulkan pembentukan Pansus Angket terhadap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi V DPR RI dari FPKS, Suryadi Jaya Purnama, menjelaskan bahwa proyek kereta cepat ini tidak dibekali dengan kajian mendalam.

“Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, selain bermasalah dari sisi pembiayaan dan pengelolaan keuangan, juga bermasalah secara teknis”, ujarnya dalam Konpers yang dilangsungkan di Ruang Meeting FPKS DPR RI, Senayan, pada Jumat siang (05/08) tersebut.

Misalnya, papar Suryadi, terungkap bahwa penyebab utama molornya pembangunan tersebut dikarenakan adanya temuan geologis tanah yang berbeda dari apa yang di perkirakan.

“Seharusnya, aspek teknis soal kontur tanah-geologi tanah seperti ini sudah selesai di awal dengan studi yang memadai, tidak lagi ditengah jalan baru tahu ternyata jenis tanahnya seperti ini (sulit)”, tegas Suryadi.

Ia pun mengkritik lokasi stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang tidak sesuai dengan perencanaan awal.

“Seharusnya peletakan stasiun itu berdekatan dengan pusat aktivitas masyarakat. Sementara, ini (KCJB) tidak. Artinya, kereta cepat ini belum menjadi solusi transportasi Jakarta-Bandung”, ujarnya lagi.

Oleh sebab itu, menurut Suryadi, agar pembangunan proyek bermasalah ini tidak terulang kembali, perlu dibentuk pansus guna mendalami setiap masalah yang ada.

“Dari sisi perencanaan konstruksi, pembangunan Kereta Cepat Jakarta- Bandung ini sangat bermasalah. Kami siap mendalami masalah ini dalam bentuk Pansus agar kerugian negara tidak terulang”, pungkasnya.