Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Fraksi PKS Terima Kunjungan DPW PKS Papua dan Papua Barat

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Anggota Legislatif dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Saadiah Uluputty, Mardani Ali Sera, dan Ledia Hanifa Amaliah menerima kunjungan aspirasi dari DPW PKS Papua dan Papua Barat di Ruang Meeting Fraksi PKS DPR RI, pada Kamis (14/04) siang.

Dalam kunjungan aspirasi ini, pihak DPW menyampaikan kondisi yang terjadi di Papua dan Papua Barat terkait Pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemekaran Provinsi Papua dan Papua Barat untuk kemajuan daerah Papua.

“Saya perwakilan dari BPW PKS Indonesia Timur mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ledia sebagai Sekretaris Fraksi PKS DPR RI dan Bapak Mardani Ali Sera selaku Perwakilan Komisi II DPR RI telah menerima kunjungan ini,” ucap Saadiah dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, aspirasi yang disampaikan terkait catatan Daftar Inventaris Masalah (DIM) pada RUU Pemekaran Provinsi Papua dan Papua Barat dari DPW Papua dan Papua Barat diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dan masukan pada pembahasan di Baleg dan Komisi II DPR RI. Sehingga ini menjadi solusi untuk daerah Papua yang maju dan berkembang kedepannya.

“Isu terkait pemekaran Provinsi Papua ini bukanlah isu yang sederhana. Diperlukannya persiapan dari pemerintah serta harmonisasi peraturan dalam RUU otonomi khusus ini. Selain itu, permasalahan yang muncul seperti pembagian kota dan kabupaten harus diperjelas dan dipertegas,” ujar Ledia sebagai perwakilan dari Baleg DPR RI.

Lebih lanjut, Mardani Ali Sera yang hadir dalam agenda itu juga menyampaikan bahwa pemekaran provinsi ini membutuhkan pendekatan yang komprehensif sesuai UU Otonomi Khusus. Selain itu, pemekaran ini juga dapat dijadikan sebagai sarana penguatan dakwah, dan memberikan dampak yang baik bagi NKRI kedepannya.

“Pemekaran Provinsi Papua dan Papua Barat ini merupakan sesuatu hal yang baik, karena semakin banyak provinsi akan akan semakin baik untuk keutuhan NKRI. Oleh karena itu, kita mendukung RUU pemekaran daerah Papua dan Papua Barat,” ungkap Mardani Ali.

Anggota Legislatif dari Dapil Jakarta I ini juga mengucapkan terima kasih atas masukan dan saran yang diberikan, terkhusus berkaitan dengan Ibu Kota Kabupaten dan Kota pada pemekaran Provinsi Papua dan Papua Barat. Saran dan masukan ini pun akan diterima untuk dijadikan bahan pertimbangan. Selain itu, Mardani berharap komunikasi seperti ini tetap terus berlangsung baik kedepannya.

Sebagai informasi, Fraksi PKS DPR RI memiliki program unggulan yang berorientasi kepada kerakyatan, keumatan dan nasionalisme kebangsaan.

PROGRAM UNGGULAN FPKS DPR RI

1. Hari Aspirasi Rakyat (Selasa dan Jum’at)
➡️ Karpet merah bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasi langsung kepada Anggota DPR Fraksi PKS, tanpa sulit dan berbelit. Memperkuat fungsi representasi dan relasi konstituensi yang kokoh di DPR.

2. Diplomasi Parlemen (Kunjungan Resmi Fraksi PKS kepada Mitra Fraksi di Luar Negeri & Ambassador’s Talks)
➡️ Upaya Fraksi mendukung diplomasi RI melalui peran diplomasi parlemen, menjalin persahabatan dan kerjasama dengan para duta besar, parlemen negara sahabat, organisasi internasional, dan mitra strategis internasional lainnya.

3. Lomba Karya Tulis Kebangsaan
➡️ Menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda, memupuk rasa cinta tanah air, peduli terhadap kondisi bangsa dan negara melalui tulisan ide dan gagasan untuk kemajuan Indonesia

4. Lomba Baca Kitab Kuning
➡️ Menghidupkan kecintaan pelajar pada ilmu, ulama, pesantren serta khasanah pengetahuan Islam dari sumbernya yang original dan otentik.

5. Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno
➡️ Menghayati makana proklamasi dan menumbuhkan semangat patriotisme generasi bangsa untuk terus menjaga kemerdekaan dalam dimensi kekinian.

6. Lomba Pidato Biografi Tokoh Bangsa
➡️ Mengenalkan tokoh pahlawan bangsa dan perjuangannya kepada genarasi bangsa agar dapat meneladani mereka dan tidak ada mata rantai sejarah yang putus.

7. Mimbar Demokrasi dan Kebangsaan
➡️ Bentuk komitmen kebangsaan Fraksi PKS dengan membahas isu-isu fundamental demokrasi dan kebangsaan dalam perspektif yang jernih dan mencerdaskan. Menghadirkan tokoh PKS, tokoh bangsa dan pakar yang terkemuka.

8. Parlementaria ( Diskusi Publik, PKS Legislative Corner, PKS Legislative Report, Ruang Aleg dan Internshipks)
➡️ Diskusi, dialog, dan kolaborasi Fraksi PKS dengan pejabat publik, pakar, ahli, tokoh CSO, dan aktivis yang kompeten serta generasi muda untuk membahas, mengkaji, dan terlibat pada isu-isu publik dari sudut pandang parlemen.