Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Terima Aduan dari Calon Pengawas Sekolah Brebes, Aleg PKS: Kebijakan Kemendikbudristek Merugikan!

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (12/04) — Anggota Komisi X DPR RI dari FPKS, Abdul Fikri Faqih menerima kunjungan aspirasi dari Forum Calon Pengawas Sekolah Kabupaten Brebes di Ruang Aspirasi Fraksi PKS DPR RI, Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, pada Selasa (12/04) pagi.

Kunjungan aspirasi ini dilaksanakan dengan agenda dialog dan audiensi terkait dengan permasalahan Calon Pengawas Sekolah (CPS) di Kabupaten Brebes pasca dikeluarkannya Surat dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nomor 0584/B3/GT.03.15/2022 pada tanggal 2 Maret 2022. Permasalahan ini dimulai dengan adanya hasil peserta Bakal Calon Pengawas Sekolah sebanyak 56 orang yang dinyatakan lolos tes seleksi administrasi dan substansi tingkat TK, SD, dan SMP, tetapi tidak bisa melanjutkan proses seleksi selanjutnya.

Baca Juga : Terkait Penggabungan Kemendikbudristek, Aleg PKS: Pembohongan Publik dan Belum Jelas Kerjanya

“Kelanjutan proses dari peserta yang sudah lolos ini terhenti dikarenakan adanya kebijakan baru dari pemerintah merupakan pengaturan yang merugikan hak dari peserta yang sudah dinyatakan lolos karena pada pengaturan ini berbeda dengan pengaturan sebelumnya,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini.

Legislator dari Dapil Jawa Tengah IX ini memberikan tanggapan bahwa pengaturan baru ini akan memberikan dampak kepada seluruh wilayah di Indonesia, tidak hanya di Kabupaten Brebes saja. Sehingga perubahan ini nantinya bisa dikomunikasikan dan ditindaklajuti bersama dengan Dirjen GTK Kemendikbudristek.

Baca Juga : Jangan Hapus Madrasah, HNW Dukung Penolakan RUU Sisdiknas Buatan Kemendikbudristek

“Saya berharap ini bisa diperjuangkan bersama dengan Dirjen GTK Kemendikbudristek dengan memperhatikan bahwa proses lanjutan seleksi ini seharusnya tetap berjalan. Dengan adanya perubahan kebijakan, proses yang sebelumnya sedang berlangsung mestinya tetap harus dihormati. Karena proses ini sudah memiliki landasan hukum, dimana para calon pengawas sudah dinyatakan lulus seleksi,” ungkap Abdul Fikri.

Abdul Fikri juga juga berharap dengan kepercayaan yang telah diberikan oleh Forum Calon Pengawas Kabupaten Brebes dapat ditindaklanjuti untuk menghasilkan suatu kebijakan yang memberikan nilai kemanfaatan dan keadilan, dalam rangka memperbaiki dan memperjuangan pendidikan di Indonesia yang lebih baik lagi.

Sebagai informasi, FPKS DPR RI memiliki Program Unggulan Fraksi PKS yang berorientasi kepada kerakyatan, keumatan dan nasionalisme kebangsaan.

PROGRAM UNGGULAN FPKS DPR RI

1. Hari Aspirasi Rakyat (Selasa dan Jum’at)
➡️ Karpet merah bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasi langsung kepada Anggota DPR Fraksi PKS, tanpa sulit dan berbelit. Memperkuat fungsi representasi dan relasi konstituensi yang kokoh di DPR.

2. Diplomasi Parlemen (Kunjungan Resmi Fraksi PKS kepada Mitra Fraksi di Luar Negeri & Ambassador’s Talks)
➡️ Upaya Fraksi mendukung diplomasi RI melalui peran diplomasi parlemen, menjalin persahabatan dan kerjasama dengan para duta besar, parlemen negara sahabat, organisasi internasional, dan mitra strategis internasional lainnya.

3. Lomba Karya Tulis Kebangsaan
➡️ Menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda, memupuk rasa cinta tanah air, peduli terhadap kondisi bangsa dan negara melalui tulisan ide dan gagasan untuk kemajuan Indonesia

4. Lomba Baca Kitab Kuning
➡️ Menghidupkan kecintaan pelajar pada ilmu, ulama, pesantren serta khasanah pengetahuan Islam dari sumbernya yang original dan otentik.

5. Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno
➡️ Menghayati makana proklamasi dan menumbuhkan semangat patriotisme generasi bangsa untuk terus menjaga kemerdekaan dalam dimensi kekinian.

6. Lomba Pidato Biografi Tokoh Bangsa
➡️ Mengenalkan tokoh pahlawan bangsa dan perjuangannya kepada genarasi bangsa agar dapat meneladani mereka dan tidak ada mata rantai sejarah yang putus.

7. Mimbar Demokrasi dan Kebangsaan
➡️ Bentuk komitmen kebangsaan Fraksi PKS dengan membahas isu-isu fundamental demokrasi dan kebangsaan dalam perspektif yang jernih dan mencerdaskan. Menghadirkan tokoh PKS, tokoh bangsa dan pakar yang terkemuka.

8. Parlementaria ( Diskusi Publik, PKS Legislative Corner, PKS Legislative Report, Ruang Aleg dan Internshipks)
➡️ Diskusi, dialog, dan kolaborasi Fraksi PKS dengan pejabat publik, pakar, ahli, tokoh CSO, dan aktivis yang kompeten serta generasi muda untuk membahas, mengkaji, dan terlibat pada isu-isu publik dari sudut pandang parlemen.