Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Aleg PKS Harap Sentra Vaksin Covid-19 Gratis di Bandara-Stasiun sebagai Upaya Percepat Vaksinasi

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Tasikmalaya (07/07) — Rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka sentra vaksinasi covid-19 di beberapa
Bandara dan stasiun disambut baik oleh Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat. Ia mendukung penuh setiap upaya yang dapat menurunkan jumlah kasus pandemi ini.

“Rencana pembukaan sentra vaksinasi gratis di beberapa bandara dan stasiun diharapkan akan mempercepat vaksinasi covid-19 di Indonesia. Populasi di Indonesia saat ini 271 juta jiwa. Sehingga diperlukan banyak terobosan, agar vaksinasi menjangkau populasi dalam jumlah signifikan,” ungkapnya.

Menurut Politisi PKS ini sebagaimana disampaikan oleh seorang pengurus LSM Kesehatan bahwa mobilitas masyarakat menjadi salah satu penyebab cepatnya penularan di masyarakat yang mengakibatkan jumlah kasus positif terus meningkat terutama jika tidak disertai dengan protokol kesehatan.

“Di Indonesia, populasi yang bepergian atau meninggalkan rumah untuk berbagai kegiatan tahun 2019 mencapai 28,2 persen. Populasi dengan praktek cuci tangan yang tidak benar berdasarkan data riset kesehatan dasar (riskesdas) 2018, mencapai 50,2 persen,” kata Toriq.

Maka, tambahnya lagi, tidak heran kebiasaan ini menjadikan penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin mudah dan cepat. Ia berharap keberadaan sentra vaksin covid 19 di area publik nanti sekaligus menjadi tempat masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar seputar Covid-19.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan pihaknya akan membuka sentra vaksinasi covid-19 di beberapa bandara dan stasiun. Vaksinasi covid-19 di bandara dan stasiun ini diperuntukkan khusus untuk para penumpang dengan menunjukkan tiket pesawat atau kereta api.

Beberapa bandara yang telah siap melakukan vaksinasi covid-19 gratis adalah Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Terminal 2 dan 3, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.

Beberapa stasiun di Pulau Jawa juga telah disiapkan untuk vaksinasi covid-19. Beberapa di antaranya adalah Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Yogyakarta, dan Stasiun Solo Balapan.