Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

BURT Cek Pelayanan dan Fasilitas RS Delta Surya Sidoarjo

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (10/04) — Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah meminta Rumah Sakit (RS) Delta Surya Sidoarjo, Jawa Timur untuk meningkatkan profesionalisme serta memperhatikan fasilitas dan peralatan di RS agar dapat memenuhi syarat untuk memberikan pelayanan dan penanganan kesehatan.

Sebab, ia menilai RS yang berlokasi dekat dengan Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo ini pasti akan menjadi tempat pertama yang dituju apabila terdapat penumpang yang membutuhkan penanganan darurat.

“Jadi kita melihat Delta Surya inikan dekat dengan airport, dengan sendirinya akan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih cepat kalau ada sesuatu hal terhadap (peserta) Jamkestama. Oleh sebab itu, RS Delta Surya ini harus lebih meningkatkan profesionalisme dan juga meningkatkan situasi dan kondisi dari rumah sakit itu agar memenuhi syarat untuk penanganan pasien-pasien jamkestama,” ujar Dimyati usai memimpin pertemuan BURT DPR RI dengan manajemen RS Delta Surya dan PT Asuransi Jasindo, di Sidoarjo, Jatim, Minggu (4/4/2021).

Politisi PKS ini pun menjelaskan, selama menjadi salah satu RS rujukan bagi Anggota Dewan, belum ada Anggota Dewan yang komplain mengenai pelayanan RS Delta Surya.

Meskipun begitu, BURT DPR RI dalam menjalankan fungsi pengawasan, Dimyati menilai pemeriksaan kondisi dan pelayanan RS untuk Anggota Dewan di Jatim, khususnya RS Delta Surya sangat penting dilakukan, mengingat Jatim juga merupakan salah satu provinsi yang memiliki anggota legislatif terbanyak dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia.

“Kalau menurut saya sejauh ini belum ada ya (Anggota Dewan) yang komplain dengan pelayanan RS Delta Surya. Tapi itu, dengan kunjungan kerja kita ke RS Delta Surya tidak lain karena posisinya ini ada di Sidoarjo dan dekat dengan airport, apalagi Jawa Timur adalah daerah yang memiliki total anggota legislatif terbanyak dibanding dengan provinsi-provinsi lain. Maka kita akan mengecek kesiapan dari seluruh provider Jasindo,” terang Dimyati

Terkait, aspirasi dari manajemen RS mengenai bantuan untuk pembelian alat kesehatan seperti pemotongan PPn, Anggota Dewan dapil Banten I ini mengatakan pihaknya siap untuk mengkoordinasikan dengan Komisi terkait dan Kementerian Kesehatan. Hal ini bertujuan agar RS Delta Surya bisa memberikan pelayanan terbaik tidak hanya bagi Anggota Dewan, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia, khususnya domisili Jatim.