Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Marak Kasus Penyerobotan Tanah, Nasir Djamil: Harus Segera Diselesaikan!

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (01/12) — Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS, Muhammad Nasir Djamil, menyampaikan bahwa kasus penyerobotan tanah yang marak terjadi dan menimbulkan konflik di tengah masyarakat harus segera dituntaskan.

Hal ini disampaikannya saat menerima pengaduan dari masyarakat Pantura Kabupaten Tangerang di ruang aspirasi Fraksi PKS DPR RI, Selasa pagi (01/12).

“Kasus semacam ini sudah sering terjadi dan pihak yang merebut tanah selalu menyuruh agar kasus (sengketa) ini dibawa ke pengadilan dan kepolisian. Mereka seperti yakin menang perkara”, ujar Nasir menanggapi pemaparan data yang disampaikan oleh perwakilan masyarakat dalam program unggulan Fraksi PKS DPR RI Hari Aspirasi.

Oleh sebab itu, Nasir menyatakan akan memperjuangkan hak tanah warga dengan menyampaikan masalah ini ke Menteri ATR/BPN.

“Saya akan sampaikan ke menteri agar segera dapat menyelesaikan permasalahan ini. Saya pun akan sampaikan ini ke KSP”, jelas anggota DPR dari Dapil Aceh ini.

Selain itu, lanjut Nasir, ia juga akan menyurati Menkopolhukam. Mengingat, berdasar laporan dari perwakilan warga, mereka kerap mendapat intimidasi dari sejumlah pihak karena memperjuangkan hak atas tanah sendiri.

“Tentu, ini harus diselesaikan dan dituntaskan. Tanah warga harus diberikan kepada warga, dan segera diberikan sertifikatnya atas nama mereka”, pungkas Nasir.

Sebagai catatan, warga Kabupaten Tangerang ini protes karena tanah mereka dicatut dan sudah terbit Nomor Identifikasi Bangunan (NIB) atas nama orang lain. Menurut hitungan mereka, ada sekitar 900 hektar tanah di Kabupaten Tangerang yang tersebar di beberapa kecamatan, yang dikuasai hanya oleh tiga orang saja.

Sebagai informasi, FPKS DPR RI memiliki Program Unggulan Fraksi PKS yang berorientasi kepada kerakyatan, keumatan dan nasionalisme kebangsaan.

PROGRAM UNGGULAN FPKS DPR RI

1. Hari Aspirasi Rakyat (Selasa dan Jum’at)
➡️ Karpet merah bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasi langsung kepada Anggota DPR Fraksi PKS, tanpa sulit dan berbelit. Memperkuat fungsi representasi dan relasi konstituensi yang kokoh di DPR.

2. Diplomasi Parlemen (Kunjungan Resmi Fraksi PKS kepada Mitra Fraksi di Luar Negeri & Ambassador’s Talks)
➡️ Upaya Fraksi mendukung diplomasi RI melalui peran diplomasi parlemen, menjalin persahabatan dan kerjasama dengan para duta besar, parlemen negara sahabat, organisasi internasional, dan mitra strategis internasional lainnya.

3. Lomba Karya Tulis Kebangsaan
➡️ Menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda, memupuk rasa cinta tanah air, peduli terhadap kondisi bangsa dan negara melalui tulisan ide dan gagasan untuk kemajuan Indonesia

4. Lomba Baca Kitab Kuning
➡️ Menghidupkan kecintaan pelajar pada ilmu, ulama, pesantren serta khasanah pengetahuan Islam dari sumbernya yang original dan otentik.

5. Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno
➡️ Menghayati makana proklamasi dan menumbuhkan semangat patriotisme generasi bangsa untuk terus menjaga kemerdekaan dalam dimensi kekinian.

6. Lomba Pidato Biografi Tokoh Bangsa
➡️ Mengenalkan tokoh pahlawan bangsa dan perjuangannya kepada genarasi bangsa agar dapat meneladani mereka dan tidak ada mata rantai sejarah yang putus.

7. Mimbar Demokrasi dan Kebangsaan
➡️ Bentuk komitmen kebangsaan Fraksi PKS dengan membahas isu-isu fundamental demokrasi dan kebangsaan dalam perspektif yang jernih dan mencerdaskan. Menghadirkan tokoh PKS, tokoh bangsa dan pakar yang terkemuka.

8. Parlementaria ( Diskusi Publik, PKS Legislative Corner, PKS Legislative Report, Ruang Aleg dan Internshipks)
➡️Diskusi, dialog, dan kolaborasi Fraksi PKS dengan pejabat publik, pakar, ahli, tokoh CSO, dan aktivis yang kompeten serta generasi muda untuk membahas, mengkaji, dan terlibat pada isu-isu publik dari sudut pandang parlemen.