Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Terima Aspirasi soal Penundaan Pilkada, Aleg PKS: Pemerintah Harus Jamin Keamanan Rakyat

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (02/10) — Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS, Teddy Setiadi, menerima aspirasi dari Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (FAPI) terkait pelaksanaan Pilkada 2020 melalui platform virtual Zoom, Jumat (02/10) dalam program unggulan Fraksi PKS DPR RI Hari Aspirasi

“Fraksi PKS senantiasa memberi kesempatan kepada beragam kalangan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka. Memang, biasanya kami membuka di hari Selasa dan Jumat, tetapi tidak menutup kemungkinan di hari-hari lainnya”, ungkap Teddy dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, FAPI menyampaikan penyesalan mereka atas keputusan pemerintah dan DPR yang tetap akan melangsungkan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Padahal, pandemi Covid-19 belum terkendali dan momen Pilkada dikhawatirkan akan mencipta kluster-kluster baru yang membahayakan bagi rakyat.

Menanggapi hal tersebut, Teddy menyatakan bahwa Fraksi PKS sangat menyadari kekhawatiran masyarakat atas ancaman Covid-19, dan telah menyampaikan hal itu kepada perwakilan pemerintah dalam rapat-rapat Komisi II.

“Kami sudah sampaikan bahwa penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 harus dicermati ulang. Namun, berdasar Perppu No.2 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Presiden, memang Pilkada diputuskan untuk terselenggara pada 9 Desember. Dan tampaknya belum akan diubah”, jelas Teddy.

Meski begitu, Teddy menambahkan bahwa dalam Perppu itu pun pada dasarnya masih dibuka kemungkinan untuk penundaan.

“Kita masih perlu menunggu, ini masih ada waktu untuk melihat keadaan dan situasi. Jika misalnya peningkatan jumlah Covid-19 tidak terkendali, sebenarnya Perppu No.2 Tahun 2020 membuka kesempatan untuk penundaan Pilkada. Tapi melihat dari situasi yang ada, ketika tahapan Pilkada sudah berjalan, kelihatannya tetap sesuai rencana awal”, ucap anggota DPR dari Dapil Bandung-Cimahi tersebut.

Maka dari itu, menurutnya, Fraksi PKS akan terus mengingatkan pemerintah dan KPU untuk tetap memprioritaskan keselamatan rakyat serta seluruh pihak yang terlibat dalam Pilkada. Fraksi PKS juga meminta pemerintah untuk terbuka bagi opsi-opsi lain yang memungkinkan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak ini.

“Kami akan mengawal dan memantau pemerintah dan KPU untuk selalu berkomitmen dalam menjaga keamanan dan keselamatan bagi masyarakat. Di samping itu, dibutuhkan kesadaran dari seluruh pihak, termasuk pasangan calon, simpatisan, dan kader untuk mematuhi protokol kesehatan. Kami pun akan teruskan aspirasi dan pernyataan sikap ini untuk menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah”, tegasnya.

Sebagai informasi, FPKS DPR RI memiliki Program Unggulan Fraksi PKS yang berorientasi kepada kerakyatan, keumatan dan nasionalisme kebangsaan.

PROGRAM UNGGULAN FPKS DPR RI

1. Hari Aspirasi Rakyat (Selasa dan Jum’at)
➡️ Karpet merah bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasi langsung kepada Anggota DPR Fraksi PKS, tanpa sulit dan berbelit. Memperkuat fungsi representasi dan relasi konstituensi yang kokoh di DPR.

2. Diplomasi Parlemen (Kunjungan Resmi Fraksi PKS kepada Mitra Fraksi di Luar Negeri & Ambassador’s Talks)
➡️ Upaya Fraksi mendukung diplomasi RI melalui peran diplomasi parlemen, menjalin persahabatan dan kerjasama dengan para duta besar, parlemen negara sahabat, organisasi internasional, dan mitra strategis internasional lainnya.

3. Lomba Karya Tulis Kebangsaan
➡️ Menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda, memupuk rasa cinta tanah air, peduli terhadap kondisi bangsa dan negara melalui tulisan ide dan gagasan untuk kemajuan Indonesia

4. Lomba Baca Kitab Kuning
➡️ Menghidupkan kecintaan pelajar pada ilmu, ulama, pesantren serta khasanah pengetahuan Islam dari sumbernya yang original dan otentik.

5. Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno
➡️ Menghayati makana proklamasi dan menumbuhkan semangat patriotisme generasi bangsa untuk terus menjaga kemerdekaan dalam dimensi kekinian.

6. Lomba Pidato Biografi Tokoh Bangsa
➡️ Mengenalkan tokoh pahlawan bangsa dan perjuangannya kepada genarasi bangsa agar dapat meneladani mereka dan tidak ada mata rantai sejarah yang putus.

7. Mimbar Demokrasi dan Kebangsaan
➡️ Bentuk komitmen kebangsaan Fraksi PKS dengan membahas isu-isu fundamental demokrasi dan kebangsaan dalam perspektif yang jernih dan mencerdaskan. Menghadirkan tokoh PKS, tokoh bangsa dan pakar yang terkemuka.

8. Parlementaria ( Diskusi Publik, PKS Legislative Corner, PKS Legislative Report, Ruang Aleg dan Internshipks)
➡️Diskusi, dialog, dan kolaborasi Fraksi PKS dengan pejabat publik, pakar, ahli, tokoh CSO, dan aktivis yang kompeten serta generasi muda untuk membahas, mengkaji, dan terlibat pada isu-isu publik dari sudut pandang parlemen.