Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Terima Aspirasi Masyarakat Papua. Aleg PKS : UU Otsus Harus Mampu Menyejahterakan Papua

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (11/6) — Anggota DPR RI FPKS, Rofik Haryanto dalam program unggulan Fraksi PKS DPR RI Hari Aspirasi menerima kunjungan aspirasi dari Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dan beberapa tokoh masyarakat Papua. Agenda hari aspirasi ini diawali dengan penyampaian pandangan dan aspirasi dari Bupati Jayapura Mathius Mathius Awoitauw. Ia menyampaikan beberapa hal dengan topik utama terkait dengan Revisi UU Otonomi Khusus (Otsus).

“Kami datang kesini untuk menyampaikan dan mendukung pemerintah pusat dalam merevisi Otsus yang telah berjalan selama 20 tahun, kami menyadari bahwa selama perjalanan panjangnya UU Otsus mempunyai banyak catatan dan evaluasi yang harus dilakukan, sehingga saya meminta kepada Fraksi PKS untuk membantu perjuangan masyarakat Papua dalam merevisi UU Otsus ini,” tukas Mathius.

Selain itu, Mathius menggarisbawahi hal yang menjadi catatan dalam perjalanan Otsus selama ini, ia menyampaikan dua hal penting mengapa mendukung adanya revisi UU Otsus sesuai dengan  praktik yang telah terjadi.

“Pertama, UU Otsus ini belum mampu mensejahterakan masyarakat Papua secara maksimal. Kedua, UU Otsus belum mampu memberikan kepastian hukum dan tata kelola anggaran Otsus yang diberikan oleh Pemerintah Pusat,” jelas Mathius.

Setelah Bupati Papua menyampaikan Aspirasinya, Rofik memberikan tanggapan selaku Panitia Khusus (Pansus) yang ditugaskan untuk mengurusi Otsus Papua. Rofik menyampaikan bahwa ia berharap Otsus Papua harus merepresentatifkan kepentingan masyarakat Papua.

“Kami di Pansus sangat mendukung adanya revisi dari Otsus Papua terutama poin-poin yang merugikan masyarakat Papua. Kami juga terus menggali masukan dari masyarakat Papua agar nantinya kami berharap Otsus ini mampu merepresentatifkan kepentingan masyarakat Papua sebagai masyarakat yang paling berkepentingan dan berdampak dari UU Otsus ini,” pungkas Rofik.

Selain itu, Rofik juga menyampaikan beberapa rekomendasi terkait Otsus, ia juga menyampaikan bahwa pentingnya akselerasi dalam penyelesaian revisi Otsus ini.

“Maka dengan ini kami menyampaikan rekomendasi agar masyarakat Papua untuk senantiasa mengawal dan menyampaikan hal hal penting dalam revisi UU Otsus ini, karena penting sekali untuk menyerap saran dan aspirasi dari masyarakat Papua itu sendiri. Selain itu, kami sampaikan pula bahwa ke depan kami akan mengakselarasikan pembahasan revisi UU Otsus, karena pembahasan ini harus diselesaikan pada tahun ini juga tidak boleh ditunda tunda,” tutup Anggota komisi VIII DPR RI tersebut.

Sebagai informasi, FPKS DPR RI memiliki Program Unggulan Fraksi PKS yang berorientasi kepada kerakyatan, keumatan dan nasionalisme kebangsaan.

PROGRAM UNGGULAN FPKS DPR RI

1. Hari Aspirasi Rakyat (Selasa dan Jum’at)
➡️ Karpet merah bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasi langsung kepada Anggota DPR Fraksi PKS, tanpa sulit dan berbelit. Memperkuat fungsi representasi dan relasi konstituensi yang kokoh di DPR.

2. Diplomasi Parlemen (Kunjungan Resmi Fraksi PKS kepada Mitra Fraksi di Luar Negeri & Ambassador’s Talks)
➡️ Upaya Fraksi mendukung diplomasi RI melalui peran diplomasi parlemen, menjalin persahabatan dan kerjasama dengan para duta besar, parlemen negara sahabat, organisasi internasional, dan mitra strategis internasional lainnya.

3. Lomba Karya Tulis Kebangsaan
➡️ Menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda, memupuk rasa cinta tanah air, peduli terhadap kondisi bangsa dan negara melalui tulisan ide dan gagasan untuk kemajuan Indonesia

4. Lomba Baca Kitab Kuning
➡️ Menghidupkan kecintaan pelajar pada ilmu, ulama, pesantren serta khasanah pengetahuan Islam dari sumbernya yang original dan otentik.

5. Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno
➡️ Menghayati makana proklamasi dan menumbuhkan semangat patriotisme generasi bangsa untuk terus menjaga kemerdekaan dalam dimensi kekinian.

6. Lomba Pidato Biografi Tokoh Bangsa
➡️ Mengenalkan tokoh pahlawan bangsa dan perjuangannya kepada genarasi bangsa agar dapat meneladani mereka dan tidak ada mata rantai sejarah yang putus.

7. Mimbar Demokrasi dan Kebangsaan
➡️ Bentuk komitmen kebangsaan Fraksi PKS dengan membahas isu-isu fundamental demokrasi dan kebangsaan dalam perspektif yang jernih dan mencerdaskan. Menghadirkan tokoh PKS, tokoh bangsa dan pakar yang terkemuka.

8. Parlementaria ( Diskusi Publik, PKS Legislative Corner, PKS Legislative Report, Ruang Aleg dan Internshipks)
➡️ Diskusi, dialog, dan kolaborasi Fraksi PKS dengan pejabat publik, pakar, ahli, tokoh CSO, dan aktivis yang kompeten serta generasi muda untuk membahas, mengkaji, dan terlibat pada isu-isu publik dari sudut pandang parlemen.