Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Aleg PKS Desak Pemerintah Selesaikan Masalah Dampak Pembangunan Tol Cisumdawu

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (25/05) — Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat meminta Pemerintah dan Pihak terkait segera menuntaskan masalah tuntutan warga yang terdampak tidak langsung pembangunan Tol Cisumdawu dari tiga Desa di Sumedang. Ia tidak ingin aksi unjuk rasa di Jalan Tol tersebut kembali terjadi.

“Akibat aksi ratusan warga yang menutup ruas Jalan Tol Cisumdawu pada selasa (16/5/2023) siang menimbulkan kerugian, materi dan non materi. Dan berlaku bagi semua pihak, baik pengunjuk rasa, pengguna jalan, pengelola tol dan aparat hukum. Agar kondisi tidak berlanjut maka pemerintah harus segera temukan solusi,” papar Toriq.

Tak boleh ada pembiaran, tambah politisi PKS asal Tasikmalaya, karena salah seorang warga pengunjuk rasa mengatakan dampak tidak langsung adanya proyek tol ini diantaranya puluhan hektar sawah tertimbun longsor, serta rumah warga yang mengalami retak-retak sejak tol beroperasi 2 tahun lalu.

“Harusnya Pemerintah dan pihak terkait telah memiliki analisis dampak lingkungan sebelum membangun jalan tol. Berdasarkan data yang dimiliki, dibuatlah strategi yang tepat. Dengannya pembangunan infrastruktur jalan tol akan menjadi andal, berkualitas serta berkelanjutan. sehingga memberikan dampak positif,” ujar Toriq.

Selanjutnya Dia berpendapat aksi penutupan di beberapa ruas tol oleh sebagian masyarakat dimungkinkan karena kurang akuratnya analisis yang dibuat oleh pemerintah. Salah satunya penentuan trase proyek tol yang tidak boleh melewati wilayah sensitif untuk mencegah dampak negatif kepada linkungan sekitar.

“Pemerintah wajib mewujudkan fungsi ruang yakni menghindari kawasan tertentu dari pembangunan tol misalnya kawasan hutan lindung, wilayah konservasi, area padat penduduk, area bidang terjal, lahan produktif masyarakat, hingga pemukiman masyarakat pada semua proyek infrastruktur,” jelas Toriq.

Kalau pemerintah tidak memperhatikan hal tersebut dengan serius maka potensi terjadinya aksi unjuk rasa dari masyarakat atas pembangunan infrastruktur akan selalu timbul. Terakhir Dia menekankan, saat ini segala permasalahan yang terjadi pada pembangunan tol Cisumdawu harus secepatnya diselesaikan.