Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Resmikan Gedung Perpus di Dapil, Fikri Harap Brebes Makin Melek Literasi

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Brebes (24/11) — Gedung fasilitas layanan  Perpustakaan Umum di Jalan Raya GOR Gandasuli, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah diresmikan, Rabu (23/11/2022).

Gedung diresmikan langsung oleh Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando, didampingi oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih bersama Bupati Brebes Idza Priyanti dan dihadiri oleh hampir seribu pegiat literasi dan masyarakat umum di Brebes.

“Dengan adanya gedung perpustakaan ini bertujuan agar masyarakat di Kabupaten Brebes semakin melek literasi. Dan juga untuk meningkatkan indeks membaca kita,” kata Fikri dalam sambutannya.

Menurut Fikri, gedung perpustakaan disebut sudah sangat dibutuhkan oleh generasi muda di Brebes. Sebab pertukaran informasi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Sehingga pola-pola mencari informasi dengan konvensional sudah bergeser menjadi digital.

“Gedung perpustakaan ini aspirasi saya sebagai anggota DPR RI, semoga dapat dimanfaatkan seluruh warga Kabupaten Brebes untuk dijadikan rujukan dalam berliterasi,” kata Fikri.

Fikri berharap, adanya perpustakaan baru ini agar terus bertransformasi menuju perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Mengingat, pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun secara tidak langsung harus mempercepat akselerasi gerak transformasi perpustakaan.

“Problematika kehidupan yang semakin tidak jelas di masa pandemi bisa diselesaikan oleh mereka dengan literasi. Mudah-mudahan dengan bangkitnya daya baca dan prestasi, tentu akan mendorong mereka juga untuk mengentaskan kemiskinan dan juga bisa meningkatkan tingkat pendidikan menjadi naik,” kata Fikri.

Politisi PKS ini menjelaskan, transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini berpijak pada Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

“Secara eksplisit dalam Undang-undang tersebut menjelaskan bahwa masyarakat memiliki hak yang sama untuk memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan,” ungkapnya.

Fikri menyebut, jika pemerintah pusat harus bisa melihat perpustakaan secara proposional dan tidak memandang sebelah mata. Karena ini merupakan invenstasi, tidak bisa masyarakat hanya menerima bantuan saja tetapi harus dicerdaskan dan harus melek pengetahuan.

“Jendela pengetahuan adalah dengan membaca dan menaikkan literasi, saya kira selanjutnya jika semua tingkat literasi naik Indonesia juga pasti akan naik,” ungkap Fikri.

di momen yang sama, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando mengungkap, gedung baru perpustakaan di Brebes tersebut merupakan anggaran dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus tahun 2021 sebesar Rp. 9 milliar.

“Dengan bantuan advokasi oleh wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih yang telah membantu merealisasikan pembangunan gedung perpus baru ini, semoga masyarakat Brebes dapat memanfaatkannya dengan baik,” kata Syarif Bando dalam sambutannya.