Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Saat Bertemu Konstituen, Kurniasih: Jika Ada Anak Stunting di Jakarta, Lapor Saya!

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Jakarta (08/08) — Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Kurniasih Mufidayati bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga berencana (Bangga Kencana) di dua titik di wilayah Jakarta Pusat, Sabtu (06/08/2022).

Kurniasih menegaskan pihaknya sangat mendukung program pengentasan masalah stunting termasuk di Jakarta. Pencegahan stunting sangat penting agar generasi mendatang memiliki modal kesehatan fisik dan mental yang bagus.

Anggota DPR RI Dapil Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri ini mengungkapkan kepada ratusan peserta sosialisasi Bangga Kencana ini jika ada persoalan stunting di sekitarnya bisa langsung lapor ke dirinya.

“Bapak ibu tokoh masyarakat di Jakarta Pusat ini, jika ada anak stunting di sekitarnya tolong langsung lapor ke saya. Saya akan mengunjungi langsung seperti yang sudah beberapa kali kita lakukan. Sebab anak yang masih stunting butuh perhatian ekstra terutama tumbuh kembangnya,” ucap Kurniasih.

Kurniasih menambahkan sehatnya generasi dengan mencegah stunting ini penting. Sebab Pemerintah sendiri telah menetapkan program Indonesia Emas 2045. Tercapainya Indonesia Emas 2045 hanya bisa terjadi dengan tumbuh kembangnya anak Indonesia yang sehat bukan hanya fisik tapi juga mental dan spiritual.

“Sebab itu anak Indonesia harus bebas stunting termasuk di DKI Jakarta ini. Kita harus peduli dengan lingkungan dengan tetangga kita, lihat apakah masih ada anak-anak yang kekurangan gizi,” sebut Kurniasih.

Kurniasih pun turut mengapresiasi BKKBN sebagai badan yang ditunjuk langsung oleh Presiden untuk mengomandani program pencegahan stunting.

“Apalagi BKKBN ini badan yang mengurus kita seluruh bangsa Indonesia dengan program sejak sebelum kelahiran sampai kakek nenek. Ini tugas yang besar untuk menjaga kualitas keluarga Indonesia. Ingat ya bapak ibu, BKKBN tugasnya bukan hanya KB saja tapi memperhatikan kita semua bahkan sebelum kelahiran anak,” kata Kurniasih.

Ia pun mengingatkan program 1000 hari pertama kehidupan. Yakni penjagaan nutrisi ibu hamil dan janin selama kehamilan dan dua tahun setelahnya dengan pemberian ASI dan nutrisi yang baik.

“Ini solusi untuk mengatasi stunting tadi yakni memperhatikan asupan gizi 1.000 hari pertama kehidupan. 9 bulan selama kehamilan dan dua tahun pertama diberikan ASI dan makanan pendamping ASI. Sebab 1.000 pertama kehidupan adalah periode emas yang menentukan tumbuh kembang anak kita ke depan,” ungkap Kurniasih.