Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Tinjau Proses Renovasi Rumah Bantuan Kemensos, Bukhori Dukung Program RS-RTLH

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Semarang (30/12) — Dimasa reses, Anggota DPR RI Fraksi PKS Bukhori Yusuf meninjau langsung proses renovasi rumah warga prasejahtera di daerah pemilihan Kabupaten Semarang.

Bukhori mendatangi rumah warga penerima manfaat di Desa Butuh Kabupaten Semarang didampingi oleh Dinas Sosial setempat.

Anggota Komisi VIII DPR itu mengapresiasi program Rehabilitasi Sosial-Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) yang digulirkan oleh Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin.

Bukhori menjelaskan, program RS-RTLH adalah wujud komitmen Negara memenuhi hak fakir miskin dalam memperoleh kecukupan perumahan yang layak dan lingkungan hidup yang sehat sebagaimana diamanatkan dalam UU No.13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin.

“Selain untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal fakir miskin melalui perbaikan kondisi rumah, program ini penting untuk mengembalikan keberfungsian sosial penerima manfaat. Sebab, dengan memperbaiki kondisi rumah warga fakir miskin adalah salah satu jalan untuk mengembalikan rasa percaya diri dan mentalitas mereka agar dapat mengambil peran yang produktif dalam lingkungan sosial mereka. Di samping itu, program ini merupakan stimulus untuk memberdayakan budaya gotong dan kepekaan sosial masyarakat dalam membantu anggota mereka yang lemah,” paparnya.

Anggota Komisi Sosial itu mengaku bersyukur bahwa bantuan RS-RTLH berhasil dirasakan manfaatnya oleh warga di dapilnya. Hal itu dibuktikan oleh kesaksian penerima manfaat yang ia temui langsung di kediamannya yang tengah direnovasi.

“Bersama saya saat ini adalah Ibu Ngatiyem bersama putranya selaku penerima manfaat RS-RTLH. Untuk diketahui, sebelumnya rumah di tempat saya berdiri saat ini dindingnya terbuat dari papan dan atapnya tersusun dari bambu ‘gedek’. Kondisi itu jelas berisiko bagi penghuninya apabila terjadi angin kencang ataupun hujan lebat yang dapat membuat rumah runtuh sewaktu-waktu karena tidak ditopang oleh struktur bangunan yang tidak memadai. Karena itu kami putuskan untuk segera memitigasi risiko itu dengan merenovasinya melalui usulan program RS-RTLH,” ucap Bukhori saat meninjau proses renovasi rumah di Desa Butuh Kabupaten Semarang, Jumat (24/12/2021).

Ngatiyem, selaku penerima manfaat menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Bukhori dan Menteri Sosial RI. Ia mengatakan, perkembangan renovasi rumahnya saat ini sudah mendekati tahap akhir dan sangat terbantu dengan adanya program RS-RTLH.

Bukhori menambahkan, selain memberikan manfaat dari segi sosial, program RS-RTLH diharapkan mampu mengembangkan aspek ekonomi penerima manfaat. Ia mengusulkan agar program tersebut dipertahankan, diperluas dari segi penerima manfaat, dan dikembangkan model pemberdayaannya untuk Tahun Anggaran 2022.