Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Terima Aspirasi Komite Ekonomi dan Kreatif Provinsi Jambi, Fraksi PKS akan Teruskan ke Kemenparekraf

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Jakarta (07/04) — Fraksi PKS DPR RI menerima aspirasi dan masukan dari Komite Ekonomi dan Kreatif Provinsi Jambi yang dilakukan secara daring, Selasa, (06/04/2021).

Ketua Komite Ekonomi dan Kreatif Provinsi Jambi, Berlian Santosa, dalam paparan aspirasinya mengatakan beberapa program dan kegiatan telah dilakukan untuk membantu dalam membangun Ekonomi Kreatif di Provinsi Jambi. Namun sejauh ini, hanya menjadi penonton dan tak banyak dilibatkan dalam program nasional.

“Beberapa program telah kami buat untuk membangun Ekonomi Kreatif di Jambi, hanya saja perlu ada support dan dukungan dari Pemerintah Pusat dalam menggarap dan menyelesaikan program nasional. Harapan kami jangan jadikan kami hanya penonton saja, akan tetapi libatkan kami untuk menghandle acara bersama bukan sebatas menonton,” ungkap Barlian Santosa.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKS, Ledia Hanifa Amaliah saat menyambut aspirasi dari Komite Ekonomi dan Kreatif Provinsi Jambi mengatakan, saat ini pelaku ekonomi kreatif sudah mulai memiliki sudut pandang yang bagus, terutama bagi produk yang seharusnya memiliki nilai tambah.

“Ekraf termasuk baru dalam dunia birokrasi meski Undang-undang sudah beberapa tahun, harus mengubah paradigma karena menangani ekraf harus memahami ekosistem ekonomi kreatifnya dari hulu sampai hilir dengan pendekatan utama karya yang dapat didaftarkan hak kekayaan intelektualnya”, ungkap Ledia.

Ledia menambahkan, kekurangan yang ada dalam birokrasi kita adalah kolaborasi, jadi perlu usaha untuk menyamakan, seperti halnya di departemen industri yang memiliki satu bidang khusus ekonomi kreatif.

“Idealnya… Kalau dalam Undang-undang itu kita mendorong adanya kolaborasi antar bidang, karena ekonomi kreatif itu tidak bisa berjalan dan berdiri sendiri. Ekonomi kreatif itu harus digarap lintas sektor. Dan saya akan juga menyampaikan apa yang menjadi aspirasi rekan-rekan dari Jambi, untuk kemudian bisa berkomunikasi dengan tim ekonomi kreatif,” tutup Ledia.