Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Rofik Hananto Serahkan Bantuan 9 Unit Alat Diseminasi Teknologi

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Purbalingga (21/11) — Anggota DPR RI Fraksi PKS Dapil Jawa Tengah VII, Rofik Hananto menyerahkan bantuan alat hasil diseminasi teknologi pengolahan sumber daya alam yang berkelanjutan kepada 9 kelompok UKM dan kelompok tani.

Bantuan alat tersebut diserahkan Rofik dalam acara serah terima yang dilaksanakan di aula rumah berdaya purbalingga, Sabtu (21/11/2020).

Hadir pada acara ini Fifin Hindarti (Ketua Team Pengusul Diseminasi Teknologi Pengolahan Sumber Daya Alam Yang Berkelanjutan dari Institut Teknologi Yogyakarta), Sumarsih (Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga), jajaran pengurus DPD PKS, perwakilan kepala desa penerima bantuan, serta perwakilan dari 9 kelompok UKM dan petani.

“Diseminasi teknologi adalah salah satu upaya pemerintah untuk mendorong pembangunan iptek di daerah berbasis sumber daya lokal dengan dukungan solusi teknologi,” kata Rofik.

Dalam sambutannya Rofik mengatakan diseminasi teknologi adalah salah satu upaya pemerintah untuk mendorong pembangunan iptek di daerah berbasis sumber daya lokal dengan dukungan solusi teknologi.

“Diharapkan dengan program ini mampu meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas-kualitas maupun daya saing produk berbasis iptek,” tambah Rofik.

Ketua Team Pengusul Diseminasi Teknologi Pengolahan Sumber Daya Alam Yang Berkelanjutan dari Institut Teknologi Yogyakarta menyampaikan terima kasih kepada KEMENRISTEK/BRIN, Anggota Komisi VII DPR RI Rofik Hananto serta kepada para mitra penerima sehingga program ini dapat terlaksana.

“Adanya alat ini didasari adanya potensi purbalingga dengan kekayaan alam yang banyak namun belum didukung oleh tekonologi yang memadai, sehingga kurang efektifitas, harapan kami dengan adanya peralatan ini produktifitas bisa lebih meningkat dan kesejahteraan masyarakat pengguna jadi lebih baik,” kata Fifin dalam sambutannya.

Mugianto perwakilan dari Kelompok tani Maju Bersama mengucapkan terima kasih atas bantuan alat yang diberikan.

“Kami atas nama teman-teman penerima bantuan menyampaikan ucapan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami, insya Allah akan kami manfaatkan sebaik-baiknya. Semoga dengan bantuan ini bisa meningkatkan perekonomian para petani serta kesejahteraan bagi anggota-anggotanya,” kata Mugianto.

Bantuan yang diserahkan berupa berbagai jenis mesin, diantaranya mesin pengering tepes, mesin pembuat pelet, pemecah mlinjo, cultivator dan pencacah kompos.

“Produk teknologi yang didiseminasikan kemasyarakat adalah produk teknologi yang sudah diuji coba dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan ini merupakan aset Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang selanjutnya akan dihibahkan kepada Masyarakat dengan Berita Acara Serah Terima Barang (BAST),” tutup Rofik.