Logo Fraksi PKS

Website Resmi
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

Fraksi PKS Kreatif, Atraktif, Substantif

Warga Meninggal Kelaparan, Bukhori: Mensos Garda Terdepan Pelayan Rakyat!

 

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

 

Jakarta (23/04) — Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf, mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan oleh Kementerian Sosial dalam meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19 melalui program bantuan sosial (bansos).

Namun, Bukhori juga mengingatkan agar dalam pendataan dan penyaluran bansos tersebut harus dipastikan tepat sasaran. Ia menambahkan, agar pemerintah daerah tidak mempersulit masyarakat miskin yang belum terdata untuk memperoleh bantuan.

“Masih banyak ditemukan laporan dari sejumlah daerah terkait bansos yang salah sasaran, dimana kelompok masyarakat yang sangat membutuhkan malah tidak terdata dan belum mendapat bantuan. Pemerintah daerah, dinas sosial maupun pengurus dari tingkat RT dan RW harus saling bahu membahu dan berperan aktif dalam mengadvokasi warga yang kesulitan. Jangan persulit mereka yang belum terdata tetapi sudah masuk kriteria penerima bansos dengan berbagai dalih administratif. Ini tentang nyawa manusia” tegas Bukhori saat dihubungi di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Namun, Bukhori juga menyayangkan pernyataan Menteri Sosial Juliari Batubara yang terkesan melempar tanggung jawab kepada pemerintah daerah dalam menanggapi kasus meninggalnya seorang warga di Serang, Banten karena kelaparan sebagaimana dikabarkan media mainstream beberapa waktu lalu. Bukhori mendesak agar Menteri Sosial menjadi garda terdepan dalam melayani rakyat.

“Mensos tidak boleh hanya sekadar memberikan instruksi dan menerima laporan dari para bawahannya semata. Dia (red: Mensos) harus rajin meninjau ke lapangan, lebih giat lagi dalam blusukan ke daerah-daerah agar mengerti bagaimana kondisi rakyat sebenarnya. Pemimpin yang baik adalah yang menjadi garda terdepan pelayan rakyat di tengah situasi krisis” sambungnya.

Lebih lanjut, Bukhori mendorong agar setiap masyarakat mulai membangun kesadaran pentingnya solidaritas sosial. Ia meminta agar setiap warga di lingkungan tempat tinggalnya menjadi mata dan telinga bagi tetangganya yang lain.

“Kemampuan pemerintah itu terbatas sehingga tidak bisa membantu secara kesuluruhan. Jika ada tetangga yang kelaparan dan belum memperoleh bantuan, silakan bisa laporkan ke RT atau kelurahan. Lebih bagus lagi jika warga kemudian berinisiatif memberikan santunan secara kolektif kepada mereka yang kekurangan” pungkas Politisi PKS ini.